Penandatangan Mou, Dua Perusahaan Ini Siap Bangun Standarisasi Layanan Kapal dan Jasa Kepelabuhanan   Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Penandatangan Mou, Dua Perusahaan Ini Siap Bangun Standarisasi Layanan Kapal dan Jasa Kepelabuhanan, https://wartakota.tribunnews.com/2021/08/22/penandatangan-mou-dua-perusahaan-ini-siap-bangun-standarisasi-layanan-kapal-dan-jasa-kepelabuhanan.
Agustus 22, 2021 0

WARTAKOTALIVE.COM, JAKARTA – Demi bisa membangun standarisasi pelayanan kapal dan jasa kepelabuhanan, PT Langlang Laju Layang melakukan penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU).

Penandatanganan MoU ini dilakukan dengan PT Jasa Armada Indonesia, di Kantor Pusat PT Jasa Armada Indonesia Tbk, Gedung Citra Tower Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (20/8/2021).

Penandatanganan Mou ini dilakukan sebagai bentuk persiapan rencana kerjasama pelayanan kapal serta beragam usaha lainnya.

Penandatangan Mou dilakukan oleh Direktur Utama PT Langlang Laju Layang, Andy Ngadimin, dan Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk, Amri Yusuf.

Menurut Andy Ngadimin mengatakan pelayanan pemanduan di pelabuhan adalah merupakan salah satu bentuk jasa kepelabuhan, yang sangat penting.

Diketahui, peranan pemanduan berikan kontribusi penting terhadap performansi pelabuhan secara keseluruhan.

Bahkan, penundaan kapal jadi bagian terpenting dari pemanduan untuk membantu olah gerak kapal di pelabuhan.

“Kami dari manajemen (PT Langlang Laju Layang) menyambut baik atas kerjasama dan hubungan baik yang dapat dibangun dengan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.”

“Kami melihat PT JAI TBK merupakan salah satu perusahaan yang sangat berpengalaman dalam memberikan jasa pelayanan kapal,” ujar Andy Ngidimin melalui keterangan tertulisnya, Minggu (22/8/2021).

Ia mengungkapkan, pihaknya secara corporate berkomitmen jadi mitra perusahaan-perusahaan atau Badan Usaha Kepelabuhanan (BUP) yang ada di Indonesia.

Hal tersebut untuk sama-sama membangun standarisasi pelayanan jasa kepelabuhanan yang baik serta bestandar International.

“Tentu dengan tidak mengesampingkan kewajibannya dalam menunjang pendapatan negara serta untuk dapat memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi global,” katanya.

Sementara, Direktur Operasi dan Komersil PT Langang Laju Layang Capt Harry Buana Putra akui, pemanduan dan penundaan kapal di pelabuhan jadu salah satu faktor penting, dalam menunjang keamanan hingga keselamatan pelayaran.

Selain itu, untuk dapat memberikan dan mendukung kelancaran transportasi kapal, arus barang dan supply chain logistik di pelabuhan.

Harrry menjelaskan, PT Langlang Laju Layang sebagai BUP dalam melaksanakan kegiatan Pemanduan dan Penundaan Kapal memiliki standarisasi.

Yakni memperhatikan faktor-faktor keselamatan, perlindungan terhadap lingkungan maritim.

Perusahaan juga akan memperhatikan dan menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berstandar tinggi dan di tunjang networking yang cukup luas.

Selain itu juga telah terpenuhinya persyaratan baik sarana prasarana sebagai di mana telah diatur dalam undang-undang yang berlaku.

“Adanya kerjasama sama ini, kami memiliki tujuan utama untuk dapat memberikan pelayanan baik (best services) kepada para pengguna jasa, terminal-terminal khusus (tersus) atau terminal-terminal untuk kepentingan sendiri (TUKS),” katanya, Harry.

Andy Ngadimin menambahkan, PT Langlang Laju Layang dalam melakukan kegiatan pemanduan dan penundaan kapal akan selalu mematuhi prosedur yang berlaku.

Selain itu, akan beroperasi sesuai standar operasional prosedur (SOP) disetiap wilayah atau pelabuhan tertentu.

“Kegiatan pelayaran aman dan selamat menjadi prioritas utama dalam melakukan setiap kegiatan pemanduan dan penundaan yang dilakukan,” tutupnya.

Dalam acara penandatangan ini, turut hadir dari PT Langlang Laju Layang yakni Komisaris Utama Reza Nuruddin, Komisaris Andrew Tanamas, Direktur Utama Andy Ngadimin, Direktur Operasi dan Komersil Capt.Harry Buana Putra Direktur Umum dan Keuangan Eddy Yuanto.

Sedangkan dari PT Jasa Armada Indonesia Tbk turut hadir Direktur Utama Amri Yusuf dan Direktur Komersial dan Pengembangan Usaha Shanti Puruhita, VP Komersil & Pengembangan Bisnis Andisyah Kadir, DVP Pengembangan Bisnis Reenfiel ES.

Editor: Panji Baskhara

Leave a comment