ANNUAL REPORT 2017

ANNUAL REPORT 2017


Project Description

Pertumbuhan industri pelayaran dalam negeri dan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dalam sektor perdagangan, adalah potensi besar yang ditangkap Perseroan. Karena nantinya potensi tersebut membuat banyak kapal yang akan bersandar berlabuh di pelabuhan tempat Perseroan beroperasi. Perseroan melihat potensi yang baik untuk mengembangkan bisnis pemanduan dan penundaan kapal pada wilayah perairan TUKS atau di luar daerah operasional pelabuhan milik IPC, kegiatan pemanduan untuk ship-to-ship (STS), dan kerja sama pengangkutan barang atau komoditi milik Persero atau BUMN dalam rangka realisasi Sinergi BUMN yang digadang oleh Kementerian BUMN.

Di tahun 2017, Perseroan telah melaksanakan beberapa aksi korporasi demi mempercepat kemajuan dan menjemput peluang yang dimiliki. Perseroan melakukan restrukturisasi bisnis khususnya perubahan kebijakan pengelolaan Pemanduan dan Penundaan di wilayah PT Pelabuhan Indonesia II (Persero). Perseroan berhasil memperoleh izin sebagai Badan Usaha Pelabuhan (BUP) sebagai modal utama Perseroan untuk melaksanakan ekspansi bisnis di bidang Pemanduan dan Penundaan di seluruh Indonesia.

Perseroan berhasil menutup tahun 2017 dengan kesuksesan pelaksanaan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) di mana pada hari pertama perdagangan saham Perseroan di bursa, harga saham naik dari harga saham perdana sebesar Rp380 per lembar saham naik menjadi Rp402 per lembar saham, dan terus bergerak naik menjadi Rp434 per lembar saham pada penutupan tahun 2017. Perseroan merupakan satu-satunya perusahaan dalam bidang jasa pemanduan dan penundaan yang mencatatkan sahamnya pada Bursa Efek Indonesia sejak 22 Desember 2017. Dengan menjadi perusahaan terbuka, Perseroan berkeyakinan akan mampu tumbuh berkelanjutan sehingga memberikan nilai tambah kepada pemangku kepentingan dan pemegang saham.

More Information