Pelimpahan Ship to Ship Palembang

Pelimpahan Ship to Ship Palembang


Project Description

Oktober 9, 2018

PT JASA ARMADA INDONESIA Tbk (JAI) MENERIMA PELIMPAHAN KEWENANGAN PELAYANAN JASA 

PEMANDUAN DAN PENUNDAAN KAPAL Ship to Ship (STS) PADA WILAYAH MUARA SUNGAN MUSI 

PALEMBANG, SUMATERA SELATAN

Jakarta – Bertempat di Hotel Grand Mercure Kemayoran, Jakarta, PT Jasa Armada Indonesia Tbk (JAI (IDX Ticker: IPCM.IJ), salah satu anak usaha PT Pelabuhan Indonesia II (Pelindo II) yang bergerak dalam bidang jasa pelabuhan yang terdiri dai layanan pilotage, towage dan mooring pada hari selasa tanggal 9 Oktober 2018 secara resmi telah menerima pelimpahan pelaksanaan kegiatan jasa pemanduan dan penundaan kapal ship-to-ship (STS) pada wilayah perairan Muara Sungai Musi Palembang, provinsi Sumatera Selatan dari Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Hal ini ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Laut, nomor PP.304/3/5/DJPL-18 yang ditandatangani pada tanggal 19 September 2018 oleh Bpk. R. Agus H. Purnomo, Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Dengan berlakunya surat keputusan ini, JAI, dalam melaksanakan jasa pemanduan, diwajibkan untuk:

  1. Menyiapkan petugas pandu yang memenuhi persyaratan
  2. Menyediakan sarana bantu dan prasarana pemanduan yang memenuhi persyaratan
  3. Memberikan pelayanan pemanduan secara tepat dan wajar sesuai dengan sistem dan prosedur yang ditetapkan
  4. Melaporkan apabila terjadi hambatan dalam pelaksanaan pelayanan jasa pemanduan
  5. Melaporkan kegiatan pelayanan jasa pemanduan setiap 1 (satu) bulan kepada Direktur Jenderal Perhubungan Laut
  6. Melakukan pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak jasa pemanduan dan penundaan kapal kepada pemerintah

Kelima dari kiri – Bapak Dawam Atmosudiro (Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk) pada saat acara pelimpahan pelaksanaan kegiatan jasa pemanduan dan penundaan kapal Ship to Ship (STS) dari Pelindo II

Adapun keputusan ini akan dievaluasi kembali oleh Direktur Jenderal terkait setiap dua tahun, dan menetapkan Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan kelas II Palembang sebagai pengawas pemanduan pada perairan Ship to Ship (STS) Muara Sungai Musi Palembang Provinsi Sumatera Selatan sebagaimana dimaksud Diktum.

JAI berharap hal ini sebagai salah satu langkah strategis pembangunan usaha Perseroan untuk menguatkan operasi pelayanan kapal yang merupakan bisnis inti perusahaan serta meningkatkan kontribusi pendapatan dari wilayah Palembang yang saat ini menjadi penyumbang pendapatan kedua, setelah Tanjung Priok, sebesar 13% per laporan keuangan semester 1 2018. Secara keseluruhan, strategi ini pada akhirnya diharapkan akan mampu berkontribusi terhadap pertumbuhan jangka panjang industri pelabuhan secara keseluruhan.

Direktur Utama PT Jasa Armada Indonesia Tbk, Bapak Dawam Atmosudiro dalam sambutannya mengatakan “Dalam pelimpahan pelaksanaan kegiatan jasa pemanduan dan penundaan kapal ship to ship (STS) pada wilayah perairan Muara Sungai Musi, kami turut bangga karena kami yakin pelimpahan ini akan membawa kontribusi lebih pada pendapatan kami kedepannya. Misi PT Jasa Armada Indonesia akan selalu tetap dalam penyediaan jasa pemanduan dan penundaan yang berkualitas kepada pelanggan kami”.

Info Lanjut

Info Lanjut

PT Jasa Armada Indonesia Tbk

Jl. Raya Ancol Baru No. 1

Pademangan Kota, Jakarta Utara

(021) 4306789

www.ipcmarine.co.id