SUSTAINABILITY

Tujuan hidup manusia adalah memberikan manfaat bagi keluarga, sesama, masyarakat, lingkungan, bangsa dan negara serta semesta alam. Demikian pula sebuah perusahaan, dari awal didirikan agar bisa tumbuh berkesinambungan dan tujuan akhirnya adalah memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh stakeholders.

PT Jasa Armada Indonesia Tbk sebagai sebuah korporasi yang merupakan garda terdepan sistem logistik nasional melalui penyediaan Jasa Pelayanan Pemanduan dan Penundaan kapal-kapal yang masuk ke pelabuhan di seluruh wilayah operasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) serta wilayah operasi di Terminal Khusus (Tersus) dan Terminal Untuk Kepentingan Sendiri (TUKS) di luar wilayah operasi PT Pelabuhan Indonesia II (Persero), maka dalam pengoperasian korporasi pastilah bersinggungan dengan lingkungan sekitar dimana tempat usaha dilakukan.

Untuk keberlangsungan usahanya (sustainability), PT Jasa Armada Indonesia Tbk, disamping memberikan pelayanan yang prima yang menghasilkan keuntungan usaha (Profit), juga harus bersinergi tumbuh bersama dengan seluruh stakeholder, termasuk lingkungan masyarakat sekitar (People). Untuk itu program Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah kewajiban yang harus dilaksanakan secara tepat sasaran, tepat guna dan manfaat, komprehensif dan berkesinambungan. Di samping itu Program CSR PT Jasa Armada Indonesia Tbk ini juga menyentuh keseimbangan, keserasian dan keharmonisan sinergi dengan lingkungan di sekitarnya (Planet), nilai, adat budaya, norma masyarakat sekitarnya yang menjadi nilai tambah bukan hanya bagi perusahaan, namun juga bagi lingkungan dan masyarakat.

HUMANITY, LOVE, & CULTURE

Humanity, Love, and Culture merupakan tagline Program CSR PT Jasa Armada Indonesia Tbk. Tagline tersebut mengandung makna filosofis dan psikologis yang selaras dengan misi korporasi terhadap lingkungan yang salah satunya adalah untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Humanity diartikan sebagai perhatian korporasi yang tumbuh dari kepekaaan dan kepedulian kepada masyarakat dan lingkungan yang kurang beruntung dan perlu mendapatkan sentuhan perhatian baik berupa materi maupun non materi dengan tetap mengandung unsur edukasi.

Love diartikan sebagai perhatian korporasi yang tumbuh dari perasaan yang memberi kepada masyarakat dan lingkungan, tanpa mengharapkan sebuah imbalan atau balasan. Makna kata Love sesungguhnya adalah perasaan ikhlas. Culture diartikan sebagai wujud implementasi nyata dari humanity & love yang menjadi bagian dan cerminan budaya korporasi yang dijunjung tinggi oleh seluruh insan PT Jasa Armada Indonesia Tbk.

CSR PT Jasa Armada Indonesia Tbk “Humanity, Love, and Culture” Hadir dalam 4 (empat) pilar perwujudannya, yaitu:

  1. Education & Religion: Dukungan, partisipasi dan keikutsertaan dalam pengembangan Program Pendidikan dan Keagamaan baik formal maupun non formal.
  2. Youth & Enterpreneurship: Dukungan, partisipasi dan keikutsertaan dalam pengembangan Program Kepemudaan dan Kewirausahaan baik formal maupun non formal.
  3. Sport, Art & Culture: Dukungan, partisipasi dan keikutsertaan dalam pengembangan Program Olahraga, Seni, Adat Istiadat dan Budaya baik formal maupun non formal.
  4. Health, Social & Environment: Dukungan, partisipasi dan keikutsertaan dalam pengembangan Program Kesehatan, Sosial dan Lingkungan baik formal maupun non formal.

Arah kebijakan CSR PT Jasa Armada Indonesia Tbk “Humanity, Love, and Culture” yaitu:

  1. Ikut membangun, ikut serta, dan menguatkan rasa kepedulian sosial dalam membangun kebersamaan dan sinergi yang baik dengan masyarakat (People). 
  2. Kewajiban dalam menjaga dan melestarikan lingkungan sekitar (Planet). 
  3. Kewajiban untuk menjaga harmonisasi dan stabilitas hubungan bisnis yang dijalankan PT Jasa Armada Indonesia Tbk dengan masyarakat melalui realisasi program kerja CSR.
  4. Merumuskan program CSR yang sistematis, komprehensif, sustainable dan tepat sasaran & guna serta menjadi model/inspirasi program CSR instansi lainnya.