76,89% Saham dialihkan ke Subholding, Pelindo Tetap Pengendali Jasa Armada (IPCM)
04/01/2022 0

JAKARTA – PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) mengumumkan telah dilakukan pengalihan sebanyak 4,06 miliar saham perseroan dari PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) ke PT Pelindo Jasa Maritim pada 3 Januari 2022.

“Seluruh saham PT Pelindo di perseroan beralih kepada PT Pelindo Jasa Maritim dengan porsi kepemilikan 76,89%,” terang Sekretaris Perusahaan Jasa Armada Indonesia Eddy Haristiani dalam keterbukaan informasi dikutip Selasa (4/1).

Dia menjelaskan bahwa Pelindo Jasa Maritim merupakan anak perusahaan yang 99,9% dimiliki oleh Pelindo. Karena itu, Pelindo merupakan induk sekaligus pengendali dari Pelindo Jasa Maritim.

“Maka dapat disampaikan bahwa pengalihan seluruh saham perseroan yang dimiliki PT Pelindo kepada PT Pelindo Jasa Maritim tersebut tidak mengakibatkan terjadinya perubahan pengendalian terhadap perseroan,” sebut Eddy.

Dia melanjutkan, hal tersebut dikarenakan PT Pelindo masih merupakan pemegang saham pengendali IPCM secara tidak langsung melalui kepemilikan mayoritas dan pengendali saham di PT Pelindo Jasa Maritim.

Sebelumnya, PT Pelindo I, II, III, dan IV resmi merger per 1 Oktober 2021 dan menjadi PT Pelindo (Persero). Pascamerger itu Pelindo membentuk empat subholding yang terdiri atas PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Pelindo Multi Terminal, PT Pelindo Solusi Logistik, dan PT Pelindo Jasa Maritim.

Direktur Utama PT Pelindo Arif Suhartono sempat menjelaskan, penggabungan Pelindo diharapkan dapat mewujudkan industri kepelabuhanan nasional yang lebih kuat melalui konektivitas maritim di seluruh Indonesia sehingga dapat membantu menurunkan biaya logistik nasional secara bertahap serta meningkatkan kinerja dan daya saing BUMN kepelabuhanan di tingkat global.

Dia menambahkan merger Pelindo membuka kesempatan perusahaan untuk go global. Integrasi ini akan meningkatkan posisi Pelindo menjadi operator terminal peti kemas terbesar ke-8 di dunia dengan total throughput peti kemas sebesar 16,7 juta TEUs.

“Penggabungan ini juga menyatukan sumber daya keuangan, peningkatan leverage, dan memperkuat permodalan perusahaan,” ucap Arif.

Lebih jauh, dia meminta dukungan dan kerja sama yang baik dari semua pihak agar Pelindo dapat mewujudkan visinya menjadi pemimpin ekosistem maritim terintegrasi dan berkelas dunia.

 

Editor : Theresa Sandra Desfika

Leave a comment