SEKRETARIS PERUSAHAAN

  • Perusahaan melalui fungsi Sekretaris Perusahaan yang di- jalankan oleh Divisi Corporate Secretary menyempurnakan dan memastikan implementasi GCG Perusahaan memenuhi standar ketentuan berdasarkan peraturan perundang-undangan dan best practice. Selain itu, Sekretaris Perusahaan sabagai pemilik fungsi liaison officer menjaga hubungan baik Perusahaan dengan para stakeholder, membangun image dan menopang keberlanjutan Perusahaan melalui berbagai program yang salah satunya adalah Corporate Social Responsibility (CSR) Perusahaan.

    Struktur Sekretaris Perusahaan

    Struktur Corporate Secretary saat ini berdasarkan SK HK.56/28/10/2/MS-19 Tanggal 28 Oktober 2019 Tentang Struktur Organisasi PT Jasa Armada Indonesia Tbk adalah sebagai berikut:

    Profil Sekretaris Perusahaan

    Sekretaris Perusahaan diangkat, diberhentikan dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama. Memiliki pengetahuan mengenai peraturan yang berkaitan dengan Perusahaan, hubungan masyarakat, keterampilan administratif, dan pengalaman yang mendukung pelaksanaan tugasnya.

    Sekretaris Perusahaan diangkat berdasarkan SK Direksi Nomor KP.428/1/2/MS-19, tanggal 16 Juli 2019.

     

    Tugas dan Tanggung Jawab Sekretaris Perusahaan

    Berdasarkan Surat Keputusan No. HK.56/25/10/I/MS-19 Tanggal 25 Oktober 2019 Tentang Struktur Organisasi PT Jasa Armada Indonesia Tbk, tugas dan tanggung jawab Sekretaris Perusahaan Perseroan adalah:

    1. Komunikasi Perusahaan dan CSR

    Komunikasi perusahaan, corporate branding, membangun profesional intimasi dengan media & stakeholders, mengelola database media dan stakeholders, pengelolaan website (dual Bahasa) dan media sosial, mengelola dan menyusun serta melakukan press release, sebagai bridging komunikasi antara ultimate shareholder, BOC beserta perangkatnya (Sekdekom, Komite Audit, Komite Nominasi dan Remunerasi, Komite management risiko) dan BOD, penyaluran CSR.

    2. GCG dan Kepatuhan

    Meneliti dan mengkoodinasikan pelaksanaan protokoler hubungan antar lembaga dan hubungan internasional. Me- neliti dan mengkoordinasikan pelaksanaan kesekretariatan Direksi. Pelaksanaan pengelolaan hubungan antar lem- baga dan internasional. Meneliti dan mengkoordinasikan pelaksanaan penyusunan rencana dan strategi pengelolaan Good Corporate Governance, Annual Report, board manual dan kode etik Perusahaan.

    3. Hubungan Investor

    Membangun dan memperkuat kepercayaan pasar ke- pada Perseroan melalui formulasi dan implementasi stra- tegi komunikasi. Mengikuti perkembangan bursa saham domestik, regional dan global. Membangun hubungan baik yang profesional dengan para pelaku pasar. Menyaji- kan informasi yang relevan dan akurat bagi investor me- ngenai perkembangan perusahaan, seperti yang terkait dengan kinerja operasional dan keuangan. Bersama sub divisi komunikasi perusahaan dan CSR menyusun dan mendistribusikan press release kepada pelaku pasar dan media. Membantu dalam menyiapkan dan menyusun La- poran Tahunan (Annual Report) dan Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report).

    Pengembangan Kompetensi Sekretaris Perusahaan

    Perusahaan mengikutsertakan Sumber Daya Manusia (SDM) Struktur Corporate Secretary dalam program pengembangan kompetensi untuk menunjang fungsi sekretaris perusahaan Perusahaan melalui berbagai kegiatan training, seminar atau workshop. Informasi terkait Pengembangan Kompetensi Sekretaris Perusahaan ada di Bab Profil Perusahaan.

    Pelaksanaan Tugas Sekretaris Perusahaan

    Corporate Secretary senantiasa mendukung upaya mencapai kinerja optimal Perusahaan dengan pelaksanaan tugas yang dituangkan melalui berbagai kegiatan. Kegiatan Corporate Secretary sepanjang tahun 2020 adalah sebagai berikut: