AUDIT INTERNAL

  • Audit Internal adalah satuan fungsi di dalam struktur organisasi Perseroan dengan tugas pokok yaitu menjalankan fungsi-fungsi Pengawasan Internal dan Konsultansi berupa konsultansi, pemeriksaan, pengawasan, penyelidikan serta melakukan evaluasi atas segenap aktivitas. Proses dan kinerja keuangan dan non keuangan (manajemen mutu & operasional) sebagai mandat yang diberikan oleh Direktur Utama. Aktivitas tersebut dilakukan dalam rangka memastikan bahwa segenap kebijakan (policy), keputusan, prosedur dan pengendalian manajemen telah diselenggarakan secara efektif dan efisien sesuai dengan kaidah-kaidah pengelolaan manajemen yang lazim dan berlaku umum, berstandar dan beretika.

    Struktur Organisasi Internal Audit

    Head of Internal Audit berkedudukan dan bertanggung jawab langsung kepada Direktur Utama serta diangkat dan di- berhentikan oleh Direktur Utama dengan persetujuan Dewan Komisaris. Struktur Fungsi Internal Audit Perseroan yang di- jalankan oleh Satuan Pengawasan Internal saat ini dibentuk berdasarkan SK Direksi Nomor: HK.56/28/10/2/MS-19 tanggal 28 Oktober 2019. Struktur Internal Audit yang dimiliki Perseroan saat ini adalah sebagai berikut:

    Pengangkatan dan Profil Kepala Satuan Pengawasan Internal

    Sebagaimana termaktub dalam Surat Keputusan Pembebasan dan Penetapan Pejabat No. KP.428/1/2/MS-2017 tanggal 31 Januari 2017, yang ditandatangani oleh Direktur Perseroan dan disetujui oleh Dewan Komisaris Perseroan, Perseroan telah mengangkat Sdr. Edi Winoto sebagai Kepala Satuan Pengawasan Internal (Ka SPI). Berikut Profil Kepala Satuan Pengawasan Internal).

    Pedoman Internal Audit

    Audit Internal telah memiliki piagam audit atau audit charter. Piagam Audit telah ditetapkan Direktur Utama Perseroan pada Tanggal 7 April 2020. Muatan Piagam Audit Internal telah sesuai dengan POJK No. 56/2015 tentang Pembentukan dan Pedoman Penyusunan Piagam Audit Internal. Hal-hal yang dimuat dalam Internal Audit Charter adalah:

    • Bab I Pendahuluan
    • Bab II Definisi, Visi dan Misi
    • Bab III Tujuan Pengawasan Internal
    • Bab IV Struktur dan Kedudukan
    • Bab V Kewenangan dan Kerahasiaan
    • Bab VI Peran dan Tanggung Jawab
    • Bab VII Kode Etik Auditor Internal

     

    Tugas dan Tanggung Jawab Internal Audit

    Aktivitas Pengawasan Internal adalah bagian dari proses tata kelola perusahaan yang memberikan jaminan atas sistem pengendalian internal, efektivitas dan efisiensi operasi, ketaatan terhadap aturan dan perundang-undangan yang berlaku serta ketepatan dan kehandalan pelaporan.

     

    Tugas dan Tanggung Jawab Satuan Pengawasan Internal:

    1. Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Satuan Pengawasan Internal akan berperan aktif dalam:
      • Mengembangkan dan menjaga budaya akuntabilitas dan integritas.
      • Memfasilitasi integrasi sistem Pengedalian Internal dan Manajemen Risiko kedalam kegiatan pengelolaan perusahaan sehari-hari.
      • Mempromosikan budaya efisiensi dan efektifitas kerja, penilaian mandiri serta kepatuhan terhadap ketentuan dan peraturan perundangan yang berlaku baik internal maupun eksternal untuk terwujudnya tatakelola perusahaan yang baik.
    1. Ruang lingkup pengawasan internal meliputi namun tidak terbatas pada:
      • Efektifitas tatakelola, manajemen risiko serta pengendalian internal.
      • Evaluasi kinerja satuan unit perusahaan dalam pencapaian sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan.
    2. Kegiatan Pengawasan Internal meliputi area sebagai berikut:

    a. Kegiatan pengawasan dengan orientasi pada:

        1. Memastikan bahwa sistem pengendalian mana- jemen telah memadai, bekerja secara efisien dan ekonomis serta berfungsi secara efektif dalammencapai tujuan dan sasaran yang ditetapkan.
        2. Pencatatan, pengendalian dan pengelolaan aset dan sumber daya perusahaan.
        3. Mengevaluasi ketaatan terhadap hukum dan per- aturan perundang-undangan yang berlaku dan kebijakan serta prosedur perusahaan.
        4. Mengevaluasi kehandalan dan integritas informasi keuangan dan informasi operasional
        5. Melaksanakan penugasan khusus yang relevan dengan ruang lingkup pekerjaan Pengawasan Internal, seperti penyelidikan dan pengungkapan penyimpangan, kecurangan dan pemborosan.

    b. Kegiatan Konsultansi dan Asistensi

    Satuan Pengawasan Internal dapat memberikan konsultansi dan asistensi kepada manajemen perusahaan terkait dengan penerapan tatakelola perusahaan yang baik dan pencapaian sasaran dan tujuan perusahaan.

    c. Tanggung Jawab Satuan Pengawasan Internal

    Satuan Pengawasan Internal bertanggung jawab untuk memonitor dan memberikan asistensi tindak lanjut hasil audit kepada auditee hingga tuntas.